Tata Cara Puasa Weton Hukum dan Manfaatnya

Puasa weton adalah salah satu jenis puasa ngebleng yang dilakukan orang pada hari kelahirannya, adapun waktu pelaksanaan puasa dimulai dari hari lahir dan penutupan puasa diakhiri berdasarkan perhitungan hari  tertentu dalam kalender jawa. selain itu juga untuk memperingati hari kelahiran seseorang sesuai laku dan tradisi dalam budaya jawa.

Puasa merupakan imsak, menurut bahasa yang artinya menahan dari segala yang dilarang dalam berpuasa, namun disini saya bukan membahas puasa pada umumnya, namun disini saya akan membahas cara puasa weton versi ane gan, puasa ini sudah biasa diamalkan oleh kejawen tulen. puasa weton tersendiri terbagi menjadi beberapa jenis, salah satunya puasa mutih dan lain sebagainya.

Tidak perlu bingung untuk cara puasa weton untuk pengasihan untuk orang yang dicintainya, karena disini akan saya jelaskan bagaimana berpuasa weton untuk mendapatkan pasangan. artinya puasa ini merupakan salah satu usaha bathiniyah agar supaya niatnya atau tujuannya terkabulkan oleh Tuhan.  Adapun caranya  hampir sama dengan tutorial yang akan saya bagikan, tinggal di edit sendiri niat masing-masing dengan koredor tetap meminta kepada yang Kuasa ( Allah SWT ).
puasa weton
Manfaat Puasa weton

Puasa weton terkait dengan kekuatan dan kegaiban sukma manusia (roh pancer dan sedulur papat). Biasanya dilakukan untuk menjaga kedekatan hubungan pancer (orangnya) dengan roh sedulur papatnya, supaya kuat sukmanya, selalu peka rasa dan batin, peka firasat, peka bisikan gaib, untuk mendapatkan restu pengayoman dari para leluhurnya, supaya hidupnya keberkahan dan lancar segala urusan dan usahanya, atau untuk terkabulnya suatu keinginan yang sifatnya penting. Puasa weton terkait dengan kegaiban yang berasal dari sukma manusia sendiri (kegaiban kesatuan roh pancer dan sedulur papat), tidak berhubungan dengan kegaiban roh-roh lain. Puasa weton tidak bisa disamakan atau diperbandingkan atau ditukar dengan puasa bentuk lain, karena sifat dan kegaibannya berbeda. tujuan akhirnya adalah untuk mencari keridlo'an sang Ilahi, supaya segala urusannya lancar dan sukses.

Puasa weton yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak memahami atau tidak meyakini keberadaan roh sedulur papat kegaibannya tidak akan sebaik mereka yang melakukannya dengan landasan kepercayaan pada roh sedulur papat. Keyakinan pada keberadaan dan kebersamaan roh sedulur papat dengan pancer akan memperkuat kegaiban sukma dan memperkuat interaksi roh sedulur papat dan para leluhurnya dengan seseorang. Dalam kehidupannya sehari-hari kekuatan sukma akan membantu dalam kemantapan bersikap, membantu membuka jalan hidup dan menyingkirkan halangan dan kesulitan-kesulitan, dan interaksi sedulur papat akan membantu peka rasa dan firasat, peka bisikan gaib, mendatangkan ide-ide dan ilham, peringatan-peringatan dan jawaban-jawaban permasalahan.

Do'a Puasa weton
Doa sebelum memulai puasa kelahiran  Niat ingsun pasa ngapit kelahiran kelawan tulung dina telung bengi tanpo ti pati mangan lan ngumbe yen durung kasedya apa sing dadi kasedyaku
Tata cara Puasa weton

Setiap malam wajib melakukan shalat Hajat dan setelah selesai shalat wajib melanjutkan dengan wiridan. doa wiridnya yaitu:

sirulloh , dhat tulloh sipat tullah,khiblat tullah ujud tullah. (100x) Dilanjutkan dengan: kakakng kawah adi ari-ari kakang pembarep adiku ragil pangaribowo,prabowo kumayang jatiku...(100x) (apa yang di minta.terserah.tetapi mintalah untuk bisa bertemu dengan guru sejati anda sendiri/kumayang jati anda) Dilanjutkan dengan membaca mantra untuk bisa bertemu guru sejati anda: bismillahirohmanirrohim 3x kitab kolo murtape sapa kang kelangan kitab kolo murtape kejobo aku dhewe sing nalikane sun dumunung ing adam wiwit sesasi tumeka sangang sasi ,mboso sun lahir nangis jejeritan golek jimat ingsun pribadi . sapa kang jokuk iku kejaba gusti kang maha agung . mbasa sun di ganti kopek,sun wes lali mula wedarno aku pingin ketemu karo sukma sedjatiku seka ngersane sukma kawekas.

3x mantra diatas di baca paling sedikitnya 100x dan kalau mampu baca sebanyak''nya Mantra mandi setelah melakukan puasa weton,melakukan mandi harus tepat pada jam 12 malam pada hari terakhir puasa niat mandinya adalah sakehek kitab agung kabeh sopo ndelu sapa ngrungu teka welas teka asih kabeh,marang jiwa ingsun ,ana gunung tanpo angin.angin,angin letik untuku syahadat wolu rambutku syahadat sholawat awakku bulu bangah ...(mengambil basuhan air pertama baca Allahhuakbar, basuhan air kedua baca Allahuakbar, basuhan air ketiga Allahuakbar , di guyur dari atas kepala, setelah itu mandi biasa), berlanjut sampai akhir puasa.

Hukum Puasa weton

Didalam islam tidak disebutkan kalau puasa weton itu sunnah, namun Nabi juga tidak menyebutkan puasa weton itu makruh ataupun haram. jadi kongklusinya yaitu boleh " tidak melanggar syare'at Islam".

Demikianlah cara puasa weton versi ane, semoga dalam anda berpuasa akan mendapatkan hasil yang maksimal. dan pasangan yang anda dapatkan bisa sesuai atau serasi dengan anda sehingga menjadi pasangan yang sakinah, mawaddah dan warohmah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel