Bagaimanakah hukum puasa mutih menurut islam?

Puasa mutih itu datang dari tradisi daerah dan bukan dari islam, islam sendiri mempunyai banyak macam puasa, entah itu puasa wajib maupun puasa sunnah. Dan pastinya semua puasa ada hukumnya tersendiri, lantas bagaimana hukumnya puasa mutih menurut islam? Apakah sunnah, wajib, makruh, ataukah haram?

Kita tidak bisa langsung memberikan label haram ataupun halal? Namun kita perlu mengetahui definisi dari puasa mutih dan mengetahui criteria cara dan tujuannya, dengan dasar-dasar tersebut kita baru bisa menghukumi puasa mutih menurut islam. Terus bagaimana hukum puasa mutih? Ya, langsung saja ya simak sebagai berikut.
puasa mutih menurut islam
puasa mutih menurut islam


HAKIKAT PUASA MUTIH

Puasa mutih merupakan adat, apakah adat tradisi dilarang? Gak kan? Seperti tradisi wayangan yang ditradisikan oleh sunan kalijaga, hanya saja diperbarui ala islam.

CARA PUASA MUTIH


Cara puasa mutih tidak termasuk bagian dari puasa haram yang dikategorikan dalam islam, asalkan tidak berada pada hari idul fitri, adha, tasyriq. Dan caranya pun tidak terlalu memberatkan, dan saya kira tidak membahayakan pelakunya.

MANFAAT PUASA MUTIH

Tujuan puasa mutih tiap orang berbeda-beda, adakalanya karena hajat ingin mengasah indra ke enamnya, ada yang digunakan untuk mengambil barang-barang gaib, dan ada juga yang berniatan untuk pesugihan. Dari berbagai niat, kalau semuanya itu berdo'a dan memohon kepada Allah semata maka boleh-boleh saja, kecuali kalau memohon kepada punden, jin, syetan, maupun penunggu kuburan. Yang demikianlah yang tidak boleh dan akan menjadikan seseorang musyrik. Na'udzubillah min dzalik.

Jadi kesimpulannya, jika anda mempunyai hajat dan syaratnya harus puasa mutih dipersilahkan agar tujuan anda tercapai. Namun tetap memperhatikan beberapa aspek diatas. Perlu anda ketahui juga,puasa mutih itu adakalanya sehari semalam, adakalanya 3 hari 3 malam dan adakalanya sewulan atau 40 hari,dan ada juga waktu wetonnya atau hari lahir, jadi bisa digunakan juga sebagai puasa weton.

Simak Juga Jangan pernah melakukan hal ini walau hanya sekali

Baiklah sobat, itulah puasa mutih menurut islam dan hanya itu saja yang bisa saya sampaikan, terimakasih atas kunjungannya semoga bermanfaat dan tetaplah jaga niat serta tujuan anda agar tetap dalam lindungan Allah serta tidak tergolong orang yang musyrik. Thanks to visit. Salam webmistik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel