Cara Puasa Ngerowot dan Manfaatnya

Puasa Ngrowot merupakan salah satu bentuk tirakat dengan tidak mengkonsumsi nasi sebagai kebutuhan pokok, orang yang melakukan puasa ngrowot bisa mengkonsumsi selain nasi seperti ubi-ubian , kentang , jagung dan lain sebagainya sebagai makan pokok. Adapun untuk minuman yang diperbolehkan untuk orang yang menjalani puasa ngrowot adalah air putih saja,

Anda penasaran bagaimana cara puasa Ngrowot dan apa saja manfaat puasa Ngrowot? Tidak usa kepo ya sobat, karena kami Webmistik akan merangkum Cara Puasa Ngerowot dan 6 Manfaat Puasa Ngerowot yang kami paparkan dibawah ini.

Tata Cara Melakukan Puasa Ngrowot

puasa ngerowot

Untuk jenis puasa ngrowot, seseorang harus mempersiapkan niat yang baik tanpa adanya sifat tamak didalam hatinya. Puasa ini adalah metode keprihatinan yang nantinya bisa membuat seseorang menemukan titik introspeksi diri dan sebagai salah satu syarat dalam mempelajari ilmu tertentu. Selanjutnya, hal yang harus diingat yakni puasa ngrowot adalah bentuk keprihatinan yang tidak memperbolehkan konsumsi nasi. Sebagai gantinya, seseorang yang sedang menjalani puasa ngrowot dapat mengkonsumsi jagung, kentang, dan ubi – ubian. Cara pengolahan bahan makanan tersebut juga hanya boleh direbus atau dibakar tanpa diberi tambahan garam atau bumbu – bumbu dapur lainnya.


1. Memperdalam Filosofi Puasa Ngrowot

Salah satu manfaat yang paling besar pengaruuhnya yakni terbukanya seseorang terhadap filosofi puasa ngrowot yang dilakukan sebelumnya. Meskipun pada umumnya masyarakat Jawa masih menganggap puasa keprihatinan sangat erat hubungannya dengan hal-hal yang bersifat magis bahkan gaib namun kepercayaan ini tidak sepenuhnya benar. Hal ini karena, dengan puasa ngrowot seseorang justru akan mempunyai sudut pandang yang berbeda terhadap dimensi sosial-ekonomi bahkan aqidah yang mengerucut pada tasawuf. Ketika santri melakukan puasa ngrowot, diharapkan nantinya hidupnya tidak akan mempunyai ketergantungan terhadap beras atau nasi.

2. Meminimalisir Ketergantungan Terhadap Makhluk

Salah satu penyebab puasa ngrowot tidak memperbolehkan mengkonsumsi nasi yakni karena  nasi merupakan jenis pangan yang mempunyai unsur campur tangan makhluk paling banyak dibandingkan dengan makanan lain. Dalam artian, campur tangan makhluk tersebut dapat dilihat dari proses penanaman benih hingga penanganan masa panen nantinya. Untuk itu, dengan melakukan puasa ngrowot, tentunya para santri dilatih untuk meminimalisir ketergantungan terhadap makhluk.

Simak Juga Cara Puasa Nadzar

3. Lebih Mensyukuri Segala Ciptaan Tuhan

Selama tidak mengkonsumsi nasi justru mengajarkan kepada para santri bahwa bahan makanan pokok tidak hanya berupa nasi. Dengan begitu, santri akan lebih faham atas segala kehendak dan kuasa Tuhan terhadap segala ciptaaan-Nya dimuka bumi ini. Apabila kita tidak dibiasakan untuk belajar mensyukuri semua ciptaan yang telah Tuhan anugrahkan tentunya kelapangan kita dalam bersyukur juga sangat terbatas. Dengan melakukan puasa ngrowot, tentunya secara tidak langsung kita bisa melihat apa saja bahan makanan pokok selain nasi yang bisa kita konsumsi.

4. Puasa, Salah Satu Syarat Utama Memperdalam Ilmu Tarekat

Seseorang yang sedang mempelajari mengenai pendekatan secara spiritual terhadap Sang Pencipta tentunay harus menjalani upaya keprihatinan seperti puasa ngrowot ini. Bahkan puasa yang tidak memperbolehkan mengkonsumsi nasi dan bahan makanan yang dioleh menggunakan garam ini juga dijadikan sebagai salah satu syarat utama untuk memperdalam ilmu tarekat.

Simak Juga Jangan pernah melakukan hal ini walau hanya sekali

5. Upaya Mengendalikan Hawa Nafsu

Secara otomatis, jasad seseorang yang sedang menjalani tirakat atau puasa tertentu akan mempunyai  kestabilan emosi. Pada dasarnya jenis keprihatinan apapun tak terkecuali dengan manfaat puasa ngrowot ini, mempunyai tujuan untuk meningkatkan kesadaran spiritual bukan semata-mata dilakukan untuk mewujudkan keinginan tertentu yang bisa berupa kekayaan, kekuasaan bahkan kekuatan semata. Apabila dalam menjalani puasa ngrowot masih timbul keinginan-keinginan seperti tadi, maka jelas dipastikan bahwa itu merupakan bisikan hawa  nafsu yang seharusnya bisa kita kendalikan dengan berpuasa.

6. Sebagai Media Pembersihan Diri

ketika seseorang menjalani puasa dimana keprihatinannya akan diuji maka sebaiknya benar-benar diniatkan untuk beribadah dan membersihkan diri dari hal-hal yang mengundang hawa negatif untuk masuk kedalam diri seseorang. Memperbanyak sikap waspada dan mengingat Tuhan tentunya akan membuat seseorang mempunyai tingkat ketenangan dan teraga dari hal-hal yang menipiskan keimanan. Untuk itu, secara tidak langsung apabila kita menjalankan puasa secara ikhlas tanpa diniatkan untuk keuntungan duniawi maka upaya keprihatinan tersebut dapat menjadi sebuah media bagi kita untuk membersihkan diri.

Simak Juga Cara Puasa Ngebleng dan Manfaatnya

Itulah Cara Puasa Ngrowot dan Manfaat Puasa Ngerowot yang berhasil kami review, semoga saja bermanfaat bagi kita semua yang akan menjalankan puasa Ngrowot. Apabila ada kekurangan bisa ditambahi, dan apabila ada kekeliruan bisa dibenarkan. terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel