Panduan Lengkap Cara Puasa Qadha

Puasa Qadha – puasa Ramadlan merupakan puasa wajib bagi kita seorang muslim yang sudah baligh serta berakal. Puasa ramadlan hukumnya wajib, oleh karena itu kita semua diwajibkan berpuasa dengan syarat dan rukun yang sudah ditetapkan. Puasa ramadlah dilakukan untuk memenuhi kewajiban yang diperintahkan oleh Allah SWT.

Puasa dilakukan pada bulan Ramadlan, dimulai dari tanggal 1 hingga 30 ramadhan. Dimulai dari terbitnya fajar shadiq dan berakhir pada terbenamnya matahari dengan menahan segala sesuatu yang dilarang saat puasa sepert makan, minum, dan bermaksiat. Namun bagaimana apabila ada orang yang tidak mampu melaksanakan puasa karena sakit yang membahayakan apabila digunakan untuk berpuasa? Orang tersebut boleh meninggalkan puasa dengan catatan nantinya harus mengqadha puasa ramadlan.


Mungkin salah satu dari kita sering meninggalkan puasa ramadhan dengan berbagai alasan. Maka dari itu, sebelum bulan ramadhan datang kembali, hendaknya kita sudah membayar atau mengqadha puasa ramadhan dan hukumnya adalah wajib. Adapun untuk lafadz niat mengganti / mengqadha puasa ramadhan dalam bahasa arab, tulisan latin dan artinya adalah sebagai berikut:

Simak Juga Cara Puasa Ngeblen dan Manfaatnya

puasa qadha
Niat Qadha/Membayar Puasa Ramadhan Lengkap Arab, Latin dan artinya

Ilustrasi : Niat Mengqadha Puasa Ramadhan


نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ قَضَاءٍ فَرْضَ رَمَضَانً ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU SHOUMA GHODIN 'AN QADAA'IN FARDHO ROMADHOONA LILLAHI TA'ALAA

    Artinya :

    Aku niat puasa esok hari karena mengganti fardhu Ramadhan karena Allah Ta'ala

Itulah  niat qadha puasa ramadhan. Jika Anda memiliki hutang puasa ramadhan tahun lalu, silakan segera dibayar hutang tersebut sebelum datang kembali puasa ramadhan tahun ini.

Simak Juga Jangan pernah melakukan hal ini walau hanya sekali

Baiklah, niat tersebut bisa kita gunakan saat ikan melakukan Qadha Puasa, jika anda memiliki hutang puasa ramadhhan tahun lalu maka segeralah bayar hutang tersebut dengan melaksanakan puasa qodho sebelum datang puasa ramadhan tahun ini. Itulah review Nia Puasa qodho yang sudah kami paparkan, mohon maaf apabila terdapat banyak kesalahan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel