Cara Puasa 3 Hari Tengah Bulan dan manfaatnya

Puasa Tengah Bulan - Puasa menjadi alat untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, banyak manfaat yang didapatkan setelah melakukan puasa.  Salah satunya bermanfaat kepada kesehatan manusia, salah satu contoh bahwa puasa membawa manfaat kesehatan adalah saat manusia ingin di operasi, pastinya dokter menyuruh pasiennya untuk berpuasa terlebih dahulu. Bukankah itu merupakan manfaat berpuasa?

Fenomena bulan purnama bagi seorang muslim menjadi fenomena hari yang istimewa, karena seorang muslim diberi kesempatan untuk beramal ibadah untuk mendapatkan derjat yang tinggi. Pertengahan bulan tersebut disunnahkan untuk berpuasa yang diberi nama Shaum Ayyamul Bidh.


puasa tengah bulan
Mengapa "puasa" ini begitu istimewa? Ada beberapa Alasan mengapa "puasa" ini terasa begitu istimewa, antara lain: Bahwa "puasa" ini memiliki ganjaran yang sangat besar di sisi Allah, sudah tentu kita sebagai umat muslim akan rugi jika melewatkannya. "Puasa Tengah Bulan" ini memiliki keutamaan sebagaimna dijelaskan dalam beberapa hadits/Sunnah Rasul.

Keutamaan "Puasa Tengah Bulan" (Hari-hari "Bulan Purnama"), yaitu pada per"tengah"an "Bulan" Hijriyah, adalah:

1. Rasulullah SAW berpesan 3 hal jangan sampai ditinggalkan selama hidup : "Puasa" 3 hari setiap "bulan" (per"tengah"an "bulan" Hijriyah), shalat Dhuha, dan shalat Witir sebelum tidur'. (HR.Muslim)

2. Rasulullah SAW bersabda : Jika kamu "puasa" 3 hari dalam se"bulan" (per"tengah"an "bulan"  Hiriyah), maka "puasa"lah pada tanggal 13, 14, 15 pada "bulan" itu ("bulan" Hijriyah)'. (HR.Tirmidzi)

3. Rasulullah SAW bersabda : "Puasa" tiap "bulan" 3 hari (per"tengah"an "bulan" Hijriyah), bagaikan "puasa" selama hidup (sepanjang masa)'. (HR.Bukhari dan Muslim)

Sangat luar biasa? Tunggu apa lagi, tandai kalender anda pada tanggal-tanggal 13, 14 dan 15 pada "bulan" Hijriyah atau  pasang reminder di HP dan niatkan untuk melakukan "puasa" ini setiap "bulan"nya.

Bagaimana kalau terlewat atau lupa, atau hari tersebut jatuh pada hari yang tidak diperbolehkan "puasa"  misalnya…dan apakah harus di tiga hari tersebut?

Mu’adzah Al-Adawiyyah menceritakan bahwa ia pernah bertanya kepada Aisyah ra., “Apakah Rasulullah saw. ber"puasa" tiga hari setiap "bulan"?” Aisyah menjawab, “Ya.” Saya bertanya, “Dari bagian "bulan" mana beliau ber"puasa"?” Aisyah menjawab, “beliau tidak peduli dari bagian mana beliau ber"puasa".” (h.r. Muslim)

Simak Juga Jangan pernah melakukan hal ini walau hanya sekali

Imam Nawawi berpendapat bahwa tidak ada pengkhususan di hari berapa "puasa" sunah 3 hari setiap "bulan"nya. Dan Yusuf Qardhawi dalam fiqh "puasa" juga berpendapat bahwa perbedaan hadits dalam menetapkan hari- hari "puasa" menunjukkan adanya toleransi. Setiap muslim boleh saja ber"puasa" di awal "bulan", "tengah bulan", atau akhir "bulan", sesuai dengan kemudahan dan kesempatan yang ia miliki. Tapi kembali kata imam Nawawi, dalam hadits lain dijelaskan bahwa yang paling utama adalah di hari ke -13, 14, dan 15 , seperti  dalam hadist:

“Wahai Abu Dzarr, jika engkau ingin ber"puasa" tiga hari dari salah satu "bulan", maka ber"puasa"lah pada hari ketiga belas, empat belas, dan lima belas.” (HR. At Tirmidzi)

Simak Juga Cara Puasa Pati Geni dan Manfaatnya

Nah , jangan bingung lagi! Segera tandai kalender anda sebagai pengingat bahwa pada tanggal-tanggal tersebut anda akan menunaikan ibadah "puasa" sunah yaitu "Puasa Tengah Bulan".

Setelah membaca hikmah puasa yang sudah kami paparkan, tentu bagi anda yang sudah terbiasa ataupun akan melakukan puasa yaumul bidh atau Puasa Tengah Bulan akan lebih semangat dan yakin kalau puasayang dilakukan akan mendapatkan pahala kan?  Itulah manfaat puasa Tengah bulan yang berhasil kami paparkan, terimakasih atas partisipasinya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel