Apa Itu Voodoo ?

Bertemu lagi kita kali ini setelah lama tidak jumpa. Kali ini saya akan sedikit membahas tentang apa itu Voodoo ? Mungkin dari kita sudah sering mendengar kata Voodoo ini, tapi masih bingung sebenarnya apa itu Voodoo ? Penjelasan singkatnya Voodoo adalah ilmu hitam yang berasal dari benua Afrika tepatnya Afrika Barat. kalau di Indonesia mirip seperti teluh, santet dan lain sebagainya.
Tapi tidak untuk di Haiti, Voodoo bukanlah ilmu hitam yang seperti sering kita lihat dan dengar selama ini. Di Haiti Voodoo adalah agama yang banyak dianut oleh masrakatnya.
Voodoo adalah menganut kepercayaan spiritis-animis, artinya percaya kepada roh-roh yang dianggap leluhur atau penguasa alam semesta. Voodoo muncul di abad pertengahan.




Voodoo juga dipengaruhi oleh tradisi dari Afrika tengah. Asalnya sangat beraneka ragam dan mencakup Nigeria barat hingga Ghana bagian timur. Kemudian juga bangsa Fon, Ewe, dan Yoruba dari Afrika Barat. Tapi bagaimana ceritanya Voodoo bisa sampai ke Haiti yang berada jauh di Laut Karibia? Pada waktu zaman dulu ketika Haiti dijajah oleh bangsa bangsa eropa seperti spanyol dan perancis, ketika itu banyak budak budak dari Afrika yang menganut Voodoo ini dibawa ke Haiti untuk dipekerjakan di perkebunan tebu dan kopi.


Lalu bagaimana Voodoo bisa menjadi suatu kepercayaan yang banyak dianut di Haiti?
Salah satu seniman terkenal dan tokoh masyarakat di Haiti Jean-Baptiste Jean Joseph,berpendapat bahwa Voodoo adalah agama bagi mereka dan bukan ilmu hitam yang banyak kita ketahui melalui rekayasa rekayasa yang ada di film. " Tidak ada boneka boneka yang ditusuk tusuk dengan jarum". Jean-Baptiste Jean Joseph menambahkan.

simak juga Cara Mengirim Pesan Melalui Mimpi Dengan Mudah

Bahkan mereka juga memiliki tempat ibadah dan juga Imam atau pendetanya.
Beberapa tempat ibadah memang tampak agak gelap dan sedikit menyeramkan lengkap dengan patung-patung, topeng, lukisan sampai tengkorak manusia.
Karena bagi mereka gelap merupakan simbol kematian agar selalu dapat menghargai artinya kehidupan. Mereka berpendapat bahwa Voodoo dapat mendatangkan turis ke negara mereka sebagai salah satu sumber pendapatan.

Simak juga : Jangan pernah melakukan hal ini walau hanya sekali

Wah ternyata Voodoo tidak seperti yang selama ini kita pikirkan ya.
Kebanyakan dari kita beranggapan bahwa Voodoo adalah ilmu hitam layaknya seperti di Indonesia ilmu santet dan teluh. Sekian dulu pembahasan dari kita tentang Voodoo jangan lupa Share juga artikel ini jika anda rasa bermanfaat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel