Cara Puasa Daud dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Banyak artikel yang sudah mengulas tentang rahasia dibalik kedasyatan dari niat puasa daud, namun masih banyak dari kita yang belum tau cara dan manfaat dari puasa daud itu sendiri. Puasa nabi daud sering dipercaya orang sebagai amalan yang memiliki segudang kedahsyatan dan keutamaan. Keutamaannya dipercaya lantaran banyak hadits yang menerangkan tentang keutamaan puasa ini. Oleh sebab itu banyak orang yang mengamalkan puasa ini lantaran ingin meraih kedahsyatan yang ada di dalamnya meskipun belum ada dalil otentik yang menjelaskan mengenai apa kedahsyatan dari puasa Daud tersebut.

Cara Puasa Daud dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Walaupun kedahsyatan dari manfaat puasa Daud tersembunyi dan menjadi misteri namun ini bukan berarti bahwa keutamaan puasa Daud tidak dapat dikuak oleh manusia. Sebab terbukti bahwa rahasia kedahsyatan dari amalan ini dapat dirasakan oleh mereka yang secara rutin mengamalkannya. Banyak buku yang membahas tentang hasil atau bukti dari keutamaan puasa Daud ini yang bersumber dari pengalaman para pelakunya. Di antara rahasia tersebut misalnya dapat menentramkan jiwa, menyehatkan badan, merasa mendapatkan kekhusyukkan dalam ibadah, merasa ada kekuatan tak kasat mata yang menjaganya, Allah memberikan kecukupan rezeki, dan masih banyak lagi. Semua kedahsyatan tersebut diperoleh lantaran secara konsisten mengamalkan puasa Daud.

Kalau kita simak cerita orang-orang yang telah mengamalkannya begitu banyak dan luas berkah dari kedahsyatan puasa Daud ini. Ini kembali kepada pengamalan pribadi dari para pelakunya masing-masing, bahwa mereka telah banyak meraih dan merengkuh kedahsyatan puasa Daud bahkan dari hal-hal yang tidak mereka minta dan perkirakan sekalipun. Tak terkecuali dengan cita-cita. Sangat mungkin cita-cita seseorang dapat terwujud karena kedahsyatan dan keberkahan dari puasa Daud yang diperolehnya.

Biasanya manfaat puasa Daud memang sesuai dengan kondisi dan situasi sosial, keimanan serta ketakwaan pelakunya masing-masing. Hari-hari yang dilarang untuk berpuasa diantaranya adalah 2 hari raya Idul Firi dan Idul Adha serta hari Tasrik Hukum menunaikan ibadah puasa Daud adalah sunnah. Jadi barangsiapa yang mengerjakannya niscaya mendapat pahala dan bagi yang meninggalkannya tidak ada masalah.

Adapun manfaat yang secara umum dialami oleh orang yang telah menjalankan puasa Daud antara lain :
  1. Terpelihara dari maksiat : Orang yang senantiasa menjalankan puasa Daud dengan niat ikhlas. Apabila ia akan melakukan suatu pekerjaan yang ada unsure maksiat niscaya akan selalu ada kekuatan ghaib (semacam bisikan) yang secara tiba-tiba menyeruak dalam hatinya. Jasmani dan Ruhaninya seperti ada yang menjaga, pagar yang membuat langkah dan sepak terjangnya selalu dalam bingkai aturan dan ridha Allah. Apabila ia berniat hendak melakukan kejahatan yakni menganiaya orang lain maka Allah akan memberinya rasa iba atau kasihan sehingga ia mengurungkan niat buruknya tersebut.
  2. Tumbuhnya akhlakul karimah
  3. Menerima pemberian Allah dengan lapang hati
  4. Berfikir positif, kreatif dan inovatif, Orang yang mengerjakan puasa Daud niscaya akan dikaruniai pikiran yang senantiasa positif.
  5. Menentramkan jiwa, Orang yang menjalankan puasa Daud jiwanya akan merasa tentram, sebab ia merasa dekat dengan Allah dan Allah adalah Dzat dapat menolong setiap hamba-Nya yang membutuhkan pertolongan. Ketentraman jiwanya bisa dirasakan dimana saja dan kapan saja. Karena sesungguhnya ketentraman jiwa yang diperoleh oleh orang yang menjalankan puasa Daud tidak terikat oleh ruang dan waktu.
  6. Suasana Rumah Tangganya senantiasa Harmonis.
Selian keenam manfaat Puasa Daud diatas, puasa daud  masih memiliki keajaiban lainnya misalnya seperti mengalah demi orang lain, menumbuhkan sifat percaya diri, menumbuhkan gairah menuntut ilmu, menuntut diri berbakti kepada kedua orang tua, terhindar dari celaan dan hinaan orang lain, senantiasa dihargai orang lain, menumbuhkan sifat tawadhdu’ (rendah hati), beribadah lebih khusyu’, senantiasa ikhlas dalam beramal, rejeki dicukupkan, peka dengan perkembangan zaman, menumbuhkan rasa penuh dosa, menumbuhkan rasa malu kepada Allah, dan masih banyak kejadian luar biasa yang bisa dirasakan bagi orang yang sudah menjalankan ibadah puasa Daud.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel